Categories
Cara Daftar Akun

Cara Mendaftarkan Kartu Prakerja

Apakah kamu bingung ingin mencari kerja apa karena kamu belum menemukan kompetensi di dalam dirimu? Ingin mengembangkan diri tetapi biaya yang dibutuhkan mahal? Nah, cobalah untuk kembangkan dirimu dengan kartu prakerja!

Belum lama ini pemerintah akhirnya membuka program kartu pekerja yang sudah digadang-gadang sejak lama. Kartu ini dapat membantu setidaknya 2 juta orang dalam meningkatkan keterampilan mereka dengan cara mengikuti pelatihan Online ataupun offline.

Pengertian dari kartu prakerja sendiri adalah program di mana untuk pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk para pencari kerja, pekerja yang ter-PHK, atau pun pekerja yang butuh untuk meningkatkan kompetensi.

Apa keuntungan dari mendaftarkan diri untuk mendapatkan Kartu Prakerja? Ada banyak, salah satunya adalah jika kamu sudah menyelesaikan pelatihan yang ada baik secara offline atau pun secara Online, maka nantinya kamu akan mendapatkan sertifikat dan insentif. 

Lalu akan ada tes berupa tes motivasi dan kemampuan dasar dari diri kamu. Tujuannya adalah untuk lebih mengenal kompetensi juga potensi yang terdapat dalam dirimu. Di sini kamu bisa menggunakan alat bantu berupa kertas atau alat tulis untuk menyelesaikan soal yang ada.

Kamu juga dapat memilih pelatihan yang diinginkan. Pastikan untuk mengikuti juga menyelesaikan semua kelas pelatihan yang sudah kamu pilih sebelumnya. Sudah belajar secara gratis, bisa dapat insentif juga, tentunya ini menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan.

Cara untuk melakukan pendaftaran kartu yang sudah dibuka secara Online di Minggu kedua April 2020 ini membutuhkan pendaftaran yang cukup mudah.

Sebelum mendaftar, pastikan kalau kamu merupakan Warga Negara Indonesia, memiliki usia minimal 18 tahun, dan tidak sedang menempuh pendidikan formal.

Jika kamu sudah memenuhi kriteria di atas, maka kamu bisa mencoba mendaftar dengan melalui Situs https://www.prakerja.go.id/ . Daftar akunnya dengan menggunakan email atau nomor ponsel yang aktif.

Isi data yang disediakan dengan baik dan benar, sesuaikan data yang ada dengan Kartu Tanda Penduduk kamu yang sah. Berikut ini kami akan memberikan panduan untuk Anda membuat kartu Pra Kerja.

Panduan Membuat Akun Kartu Pra Kerja

  • Masukkan nama lengkap, email, dan Kata Sandi
  • Setelah itu klik daftar
  • Setelah itu buka email dan lakukan verifikasi
  • Pendaftaran pun berhasil.

Langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran kartu prakerja. Yang harus kamu lakukan pertama adalah dengan Log In menggunakan akun yang sebelumnya sudah kamu buat. Kalau sudah berhasil untuk log in, masuk ke Dashboard.

Lakukan verifikasi KTP dan jika sudah klik berikutnya. Lengkapilah data diri kamu sesuai dengan data KTP dan unggahlah foto KTP juga Swafoto kamu dengan KTPmu.

Setelah itu akan ada verifikasi telepon dan kalau sudah klik kirim. Kalau semua sudah dilakukan, maka selanjutnya adalah dengan cara deklarasi survey. Wajib untuk melakukan tes dan kalau sudah nanti akan ada seleksi Batch. Pilihlah Batch yang diinginkan dan sesuaikan dengan domisili kamu.

Kalau sudah berhasil melakukan langkah-langkah yang ada di atas, maka pendaftaran selesai. Kamu hanya perlu untuk menunggu proses evaluasi pendaftaran. 

Nah, itulah bagaimana cara untuk mendaftarkan akun kartu Prakerja. Tentunya ini merupakan kesempatan yang tidak boleh kamu lewatkan. Mendapatkan pengetahuan baru dan didukung penuh oleh pemerintah, kapan lagi ada program sebagus ini?

Jadi setelah membaca cara mudah untuk mendaftarkan diri untuk ikut kartu Prakerja ini, apakah kamu tertarik untuk mendaftarkan dirimu mengikuti serangkaian pelatihan yang dapat mencerahkan masa depanmu ini?